RSS

Singa dan Anak Rusa

Ini adalah sebuah kisah dari tayangan TV "Animal Planet" tentang seekor induk rusa yang menelantarkan anaknya. Tidak ditayangkan dalam acara malam itu apa alasannya sehingga sang induk meninggalkan bayi rusa tersebut. Mungkin ia harus menyelamatkan diri dari kepungan singa, atau mungkin pula sang induk rusa tersebut telah menjadi santapan kawanan singa yang merajai padang hutan tersebut. namun yang jelas bahwa kaum peneliti menemukan bayi rusa tersebut berada dalam lindungan seekor singa betina. Singa ini (sekurang-kurangnya selama jangka waktu direkam kamera) tak pernah menerkam atau menyerang binatang lain. Ia kelihatan lebih mencintai perdamaian. Rasa kedamaian yang bercokol dalam hati si induk singa ini terungkap lewat perhatiannya yang penuh kasih pada anak rusa tersebut.

Kenyataan ini berlangsung selama dua minggu. Sang induk singa dan sang anak rusa selalu bersama-sama. Mereka tidak makan, hanya minum air saja. Nampak bahwa sang induk singa kerepotan menjaga seekor anak rusa, karena di sekelilingnya selalu saja ada singa yang lain yang mencoba menerkam anak rusa tersebut. Namun ia sungguh berusaha melindungi si kecil rusa. Rasa sayangnya pada anak rusa nampak jelas ketika sang induk singa mencium dan memanjai si anak rusa. Sungguh suatu pemandangan yang sangat ajaib.

Bila singa bisa menjaga seekor anak rusa, maka yakinlah betapa Tuhan pasti sanggup menjaga kita semua. Terlebih lagi, bila singa yang buas mampu menunjukan rasa cinta dan kasih, kita seharusnya melebihi sang singa betina ini. Tapi apakah kita berlaku penuh kasih terhadap sesama? Apakah kita telah berusaha untuk menerima kekurangan sesama kita, atau memaafkan kesalahan mereka? 
Buruknya adalah bahwa setiap hari kita ada bersama, kita saling memandang tapi tanpa mau berbicara. Aneh, terkadang seekor singa masih lebih manusiawi dari pada diri kita. ~


//warta GBI "Sukawarna"//






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment